Senin, 27 Agustus 2018

PROPOSAL BK


PROPOSAL

PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING

(GUIDANCE AND COUNSELING PROGRAM)

SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013
(K-13)

DALAM RANGKA
PEMINATAN PESERTA DIDIK
DI SMAN 1 BINONGKO





Oleh :
ALIMARDIN, S.Pd



TAHUN 2018





BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Kurikulum 2013 disusun dengan tujuan untuk mempersiapkan ingsan Indonesia supaya memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang produktif, kreatif, inovatif dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia. Kurikulum 2013 lebih respek pada perbedaan kemampuan dan kecepatan belajar peserta didik, dan untuk SMA memberikan kesempatan dan peluang terhadap peserta didik untuk memilih mata pelajaran yang diminati, mendalami materi mata pelajaran, dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki secara fleksibel sesuai dengan kemampuan dasar umum, bakat, minat, dan karakteristik pribadi.

Dalam rangka implementasi K-13 yang mengamanatkan adanya peminatan peserta didik pada kelompok mata pelajaran, lintas mata pelajaran, dan pendalaman mata pelajaran maka perlu pelayanan Bimbingan dan Konseling yang dilakukan oleh Guru BK atau konselor. Pelayanan Bimbingan dan Konseling yang demikian luas itu diisi dengan kegiatan Bimbingan dan Konseling Peminatan yang membesarkan kedirian peserta didik sesuai dengan potensi, bakat, dan minat mereka masing-masing.

Salah satu poin penting dalam pelaksanaan layanan peminatan peserta didik adalah assesmen untuk mengukur komponen peminatan peserta didik. pemahaman guru BK terhadap prosedur assesmen, prosedur analisis, serta mekanisme pemilihan dan penetapan peminatan peserta didik sangatlah esensial untuk membantu mengarahkan minat peserta didik seseuai dengan potensi dan daya dukung lingkkungan yang dimilikinya yang diharapkan dapat berimplikasi terhadap suksesnya pelaksanaan proses belajar mengajar yang akan ia jalani.
B.   Tujuan
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar peserta didik dapat memilih jurusan sesuai dengan baka, minat dan potensi yang dimiliki.

C.   Sasaran
Kegiatan ini difokuskan kepada seluruh siswa kelas X yang hendak menetukan Jurusan.

D.   Kegiatan
Agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan  maksimal, maka pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) teknik yaitu sebagai berikut:
1.    Teknik non test
Pelaksanaan kegiatan teknik test dapat diamati pada tabel dibawah ini:
No
Teknik
Kegiatan
Kemampuan yang diungkap
1
Dokumentasi
Mengumplkan data prestasi belajar siswa berdasarkan Raport dan nilai ujian.
Teridentifikasinya prestasi belajar siswa berdasarkan raport dan nilai ujiannya. (kemampuan akademik)
2
Wawancara
Dilakukan dengan cara berkomunikasi secara langsung secara sengaja, terencana dan sistematis
Mengetahui secara mendalam mengenai pendapat, cita-cita, harapan dan permasalahan yang dihadapi peserta didik (bakat dan minat peserta didik)
3.
Skala psikologi
Siswa mengisi sejumlah pertanyaan yang telah disediakan melalui skala psikologis
Memberikan gambara mengenai aspek kepribadian siswa sesuai dengan bakatnya (bakat)


2.    Teknik Test 
Pelaksanaan teknik test dilakukan melalui kerjasama online yang dapat diakses melalui situs dibawah ini: http://bidikmasadepan.com/testbmd/index.php/ujian_peserta
Tahapan pelaksanaan teknik tes meliputi:
a.    Sosialisasi tentang tata cara pengisian test
b.    Registrasi online yang dipandu oleh guru BK
c.    Pelaksanaan test
d.    Penginputan data oleh guru BK
Adapaun yang harus dilakukan oleh pihak sekolah agar pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan baik adalah :
a)    Menyewa lepto sejumlah 10 unit (disekolah belum ada lab. Computer)
b)    Memfasilitasi ketersediaan jaringan internet.

E.   Jadwal Kegiatan
No
Hari
Pukul
Kegiatan
1.
Senin
07.30- selesai
Wawancara
2
Selasa
07.30-08.00
Pengisian skala psikologis
3
Selasa
08.30-09.00
Sosialisasi tata cara pengisian test
4
Selasa
09.00-09.30
Registrasi
5.
Selasa
09.30-11.00
Pelaksanaan test

Catatan: penginputan dan pengolahan nilai dilakukan oleh guru BK

F.    Anggaran Dana
No
Kebutuhan
Satuan
Banyak
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1.
Sewa Laptop
Unit
10
30.000
300.000
2.
Snack
bungkus
90
8.000
720.000
3.
Kertas
Rim
2
35.000
70.000
4.
Paket data
Giga
2
25.000
50.000

Jumlah
1.140.000

PEDOMAN WAWANCARA
TUJUAN
PERTANYAAN
Mengetahui cita-cita peserta didik
Apa cita-cita anda
Mengetahui factor-faktor yang dalam menentukan cita-cita
Apakah itu (cita-cita) merupakan keinginan anda sendiri atau saran dari orang lain (misalnya orang tua, ikut teman)
Mengetahui minat khusus peserta didik
Selama di SMP, pelajaran apa yang anda sukai
Mengetahui harapan siswa mengenai pilihannya
Diantara pilihan yang ada, mana pilihan  yang paling sesuai dengan anda
Mengetahui alasan siswa dalam menentukan pilihan
Kenapa anda memilih pilihan tersebut

KISI-KISI SKALA PSIKOLOGIS
Petunjuk pengisian
1.     Bacalah dengan teliti dan seksama!
2.     Kerjakan semua soal pada kolom jawaban yang telah disediakan, dengan memberi tanda check list (√ ) sesuai dengan pendapat anda
3.     Jangan memberi coretan apapun pada angket ini!
4.     Tulis nama, kelas, nomor absen
5.     Serahkan jawaban anda jika anda sudah selasai mengerjakan angket ini

SS    =   Sangat Setuju
S       =            Setuju
KS    =   Kurang Setuju
STS    =          Sangat Tidak Setuju
    Nama              :
Kelas             :
No absen      :

No
Pertanyaan
SS
S
KS
STS
1
Saya adalah orang yang berpikir sederhana
2
Saya Senang menganalisa sebuah permasalahan
3
Saya senang berpikir abstrak
4
Saya tergolong orang yang teliti
5
Saya sangat menyukai hal yang bersifat terperinci
6
Saya tergolong orang yang senang berbicara
7
Saya senang mengamati berbagai hal baik didalam ruangan maupun diluar ruangan
8
Saya mampu melukis dan menyukai lukisan
9
Saya menyukai pelajaran praktikum
10
Saya senang mempelajari hal-hal baru walaupun itu terasa sulit bagi saya
11
Saya senang meyakinkan orang untuk melakukan hal yang saya inginkan
12
Saya menyukai aktivitas yang membutuhkan banyak gerak
13
Saya selalu memberikan ide pada saat kerja kelompok
14
Saya senang menulis dan membuat karangan
15
Saya sering berpikir imajinatif


ALIMARDIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar