PROPOSAL
PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
(GUIDANCE AND COUNSELING PROGRAM)
SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013
(K-13)
DALAM RANGKA
PEMINATAN PESERTA DIDIK
DI SMAN 1 BINONGKO
DI SMAN 1 BINONGKO
Oleh :
ALIMARDIN, S.Pd
TAHUN 2018
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kurikulum
2013 disusun dengan tujuan untuk mempersiapkan ingsan Indonesia supaya memiliki
kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang produktif, kreatif,
inovatif dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, bernegara dan peradaban dunia. Kurikulum 2013 lebih respek pada
perbedaan kemampuan dan kecepatan belajar peserta didik, dan untuk SMA
memberikan kesempatan dan peluang terhadap peserta didik untuk memilih mata
pelajaran yang diminati, mendalami materi mata pelajaran, dan mengembangkan
segala potensi yang dimiliki secara fleksibel sesuai dengan kemampuan dasar
umum, bakat, minat, dan karakteristik pribadi.
Dalam
rangka implementasi K-13 yang mengamanatkan adanya peminatan peserta didik pada
kelompok mata pelajaran, lintas mata pelajaran, dan pendalaman mata pelajaran
maka perlu pelayanan Bimbingan dan Konseling yang dilakukan oleh Guru BK atau
konselor. Pelayanan Bimbingan dan Konseling yang demikian luas itu diisi dengan
kegiatan Bimbingan dan Konseling Peminatan yang membesarkan kedirian peserta
didik sesuai dengan potensi, bakat, dan minat mereka masing-masing.
Salah
satu poin penting dalam pelaksanaan layanan peminatan peserta didik adalah
assesmen untuk mengukur komponen peminatan peserta didik. pemahaman guru BK
terhadap prosedur assesmen, prosedur analisis, serta mekanisme pemilihan dan
penetapan peminatan peserta didik sangatlah esensial untuk membantu mengarahkan
minat peserta didik seseuai dengan potensi dan daya dukung lingkkungan yang
dimilikinya yang diharapkan dapat berimplikasi terhadap suksesnya pelaksanaan
proses belajar mengajar yang akan ia jalani.
B. Tujuan
Tujuan pelaksanaan
kegiatan ini adalah agar peserta didik dapat memilih jurusan sesuai dengan
baka, minat dan potensi yang dimiliki.
C. Sasaran
Kegiatan ini difokuskan
kepada seluruh siswa kelas X yang hendak menetukan Jurusan.
D. Kegiatan
Agar kegiatan ini dapat
terlaksana dengan maksimal, maka pelaksanaan
kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) teknik yaitu sebagai berikut:
1. Teknik non test
Pelaksanaan kegiatan teknik test dapat
diamati pada tabel dibawah ini:
No
|
Teknik
|
Kegiatan
|
Kemampuan
yang diungkap
|
1
|
Dokumentasi
|
Mengumplkan data prestasi belajar siswa berdasarkan
Raport dan nilai ujian.
|
Teridentifikasinya prestasi belajar siswa berdasarkan
raport dan nilai ujiannya. (kemampuan
akademik)
|
2
|
Wawancara
|
Dilakukan dengan cara berkomunikasi secara
langsung secara sengaja, terencana dan sistematis
|
Mengetahui secara mendalam mengenai pendapat,
cita-cita, harapan dan permasalahan yang dihadapi peserta didik (bakat dan minat peserta didik)
|
3.
|
Skala
psikologi
|
Siswa mengisi sejumlah pertanyaan yang telah
disediakan melalui skala psikologis
|
Memberikan gambara mengenai aspek kepribadian siswa
sesuai dengan bakatnya (bakat)
|
2. Teknik Test
Pelaksanaan teknik test dilakukan
melalui kerjasama online yang dapat diakses melalui situs dibawah ini: http://bidikmasadepan.com/testbmd/index.php/ujian_peserta
Tahapan pelaksanaan teknik tes
meliputi:
a.
Sosialisasi
tentang tata cara pengisian test
b.
Registrasi
online yang dipandu oleh guru BK
c.
Pelaksanaan
test
d.
Penginputan
data oleh guru BK
Adapaun yang harus dilakukan oleh
pihak sekolah agar pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan baik adalah :
a)
Menyewa
lepto sejumlah 10 unit (disekolah belum ada lab. Computer)
b)
Memfasilitasi
ketersediaan jaringan internet.
E. Jadwal
Kegiatan
No
|
Hari
|
Pukul
|
Kegiatan
|
1.
|
Senin
|
07.30- selesai
|
Wawancara
|
2
|
Selasa
|
07.30-08.00
|
Pengisian skala psikologis
|
3
|
Selasa
|
08.30-09.00
|
Sosialisasi tata cara
pengisian test
|
4
|
Selasa
|
09.00-09.30
|
Registrasi
|
5.
|
Selasa
|
09.30-11.00
|
Pelaksanaan test
|
Catatan:
penginputan dan
pengolahan nilai dilakukan oleh guru BK
F. Anggaran
Dana
No
|
Kebutuhan
|
Satuan
|
Banyak
|
Harga Satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1.
|
Sewa Laptop
|
Unit
|
10
|
30.000
|
300.000
|
2.
|
Snack
|
bungkus
|
90
|
8.000
|
720.000
|
3.
|
Kertas
|
Rim
|
2
|
35.000
|
70.000
|
4.
|
Paket data
|
Giga
|
2
|
25.000
|
50.000
|
Jumlah
|
1.140.000
|
PEDOMAN WAWANCARA
TUJUAN
|
PERTANYAAN
|
Mengetahui cita-cita
peserta didik
|
Apa cita-cita anda
|
Mengetahui factor-faktor
yang dalam menentukan cita-cita
|
Apakah itu (cita-cita) merupakan
keinginan anda sendiri atau saran dari orang lain (misalnya orang tua, ikut
teman)
|
Mengetahui minat khusus
peserta didik
|
Selama di SMP, pelajaran
apa yang anda sukai
|
Mengetahui harapan siswa
mengenai pilihannya
|
Diantara pilihan yang ada,
mana pilihan yang paling sesuai dengan
anda
|
Mengetahui alasan siswa
dalam menentukan pilihan
|
Kenapa anda memilih
pilihan tersebut
|
KISI-KISI SKALA PSIKOLOGIS
Petunjuk
pengisian
1.
Bacalah
dengan teliti dan seksama!
2.
Kerjakan
semua soal pada kolom jawaban yang telah disediakan, dengan memberi tanda check
list (√ ) sesuai dengan pendapat anda
3.
Jangan
memberi coretan apapun pada angket ini!
4.
Tulis
nama, kelas, nomor absen
5.
Serahkan
jawaban anda jika anda sudah selasai mengerjakan angket ini
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
KS = Kurang Setuju
STS = Sangat Tidak Setuju
Nama :
Kelas :
No absen :
No
|
Pertanyaan
|
SS
|
S
|
KS
|
STS
|
1
|
Saya adalah
orang yang berpikir sederhana
|
||||
2
|
Saya Senang
menganalisa sebuah permasalahan
|
||||
3
|
Saya senang
berpikir abstrak
|
||||
4
|
Saya
tergolong orang yang teliti
|
||||
5
|
Saya
sangat menyukai hal yang bersifat terperinci
|
||||
6
|
Saya tergolong
orang yang senang berbicara
|
||||
7
|
Saya senang
mengamati berbagai hal baik didalam ruangan maupun diluar ruangan
|
||||
8
|
Saya mampu
melukis dan menyukai lukisan
|
||||
9
|
Saya
menyukai pelajaran praktikum
|
||||
10
|
Saya
senang mempelajari hal-hal baru walaupun itu terasa sulit bagi saya
|
||||
11
|
Saya
senang meyakinkan orang untuk melakukan hal yang saya inginkan
|
||||
12
|
Saya
menyukai aktivitas yang membutuhkan banyak gerak
|
||||
13
|
Saya
selalu memberikan ide pada saat kerja kelompok
|
||||
14
|
Saya
senang menulis dan membuat karangan
|
||||
15
|
Saya sering berpikir imajinatif
|
ALIMARDIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar