Rabu, 18 Juli 2018

Pemanfaatan HP Android dalam Dunia Pendidikan


Handphone (telepon genggam) merupakan bukti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) zaman sekarang. Dari masa ke masa, perkembangan handphone begitu sangat signifikan. Mulai dari zaman dahulu, handphone masih menjadi barang yang langka dengan bentuk yang kurang menarik dan modelnya yang hampir sama semua dan juga hanya ada beberapa tipe atau jenis. Namun pada zaman sekarang, dunia telah memiliki begitu banyak tipe atau jenis handphone dengan berbagai model, bentuk, ukuran, dan sistem kerja handphone.
Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sangat membutuhkan handphone sebagai media komunikasi yang sangat praktis dan sangat membantu karena ukruannya yang semakin bervariasi sehingga dapat dibawa kemana saja. Handphone juga marak digunakan baik dikalangan anak muda, orang tua, bahkan anak-anak yang masih dibawah umur.
Kita menyadari bahwa handphone sangat membantu keseharian manusia, sehingga hadphone digunakan dimana saja, di lingkungan masyarakat juga di lingkungan sekolah. Namun, seringkali hadphone hanya digunakan untuk gengsi, menyombongkan diri, dan untuk sosialita semata.
Namun demikian, dengan perkembangan dan kemajuan IPTEK pun disatu sisi kita merasa gembira karena kita dapat mengakses informasi dalam waktu yang relatif singkat dengan biaya yang murah, tetapi disisi lain sangat memerihatinkan karena kemajuan IPTEK semacam ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi generasi muda kita khususnya para pelajar lebih-lebih bilamana tidak diimbangi dengan pembinaan baik oleh para guru, orang tua, masyarakat, serta pelajar itu sendiri. Sebagai contoh; dengan adanya perkembangan dan kemajuan IPTEK yang sedemikian canggih di bidang telekomunikasi khususnya handphone. Dengan handphone yang melalui fitur-fitur lengkap membuat pelajar mampu mengakses informasi yang ada di seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat dan hampir bersamaan serta dengan biaya yang relatif murah sehingga dapat membantu sisa dalam mengakses informasi yang berhubungan dengan materi- materi pembelajaran yang diberikan di sekolah alhasil prestasi belajar pelajar dapat meningkat. Namun di lain pihak, handphone pun dapat menimbulakan dampak negatif terhadap prestasi belajar pelajar. Hal ini dikarenakan penyalahgunaan penggunaan handphone oleh para pelajar sehingga handphone juga dapat membuat prestasi sebagian pelajar menurun.
Penggunaan handphone dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh terutama dalam mencari informasi, sehingga para siswa selalu melibatkan handphone dalam proses belajar. Namun, penggunaan handphone memberikan dampak negatif juga positif bagi pelajar, tentu dapat membantu juga dapat merugikan siswa.
Dampak Positif Penggunaan HP dalam lingkungan sekolah :
1.      Mempermudah komunikasi. Misalnya saja ketika orang tua atau pihak keluarga akan menjemput anak ketika pulang sekolah/selesai melakukan kegiatan diluar rumah. Namun karena SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon merupakan boarding school atau sekolah berasrama, maka penggunaan handphone sangat membantu untuk menghubungi orang tua terutama bagi mereka yang orang tuanya berada di luar Sulawesi utara.
2.      Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
3.      Mempermudah kegiatan belajar, handphone yang dilengkapi feature seperti Document Viewer dapat membantu pelajar dalam mempelajari materi dalam bentuk e-book atau pdf secara portable dengan mudah.
4.      Membantu pelajar untuk berlatih English conversation dengan format Mp3 atau Mp4.
5.      Membantu siswa berkomunikasi dengan guru yang bersangutan mengenai perlajaran juga nilai sehingga dapat mempercepat proses komunikasi tanpa harus menunggu lebih lama jika sudah ingin bertanya
6.      Menjadi media untuk berkomunikasi dengan teman-teman terutama dalam memberi informasi mengenai tugas-tugas juga ujian dalam minggu yang berjalan.
7.      Menghilangkan kepenatan pelajar setelah belajar dengan mendengarkan music, selain itu belajar sambil mendengarkan musik juga dapat membantu siswa dan lebih rileks.
Dampak Negatif Penggunaan HP dalam lingkungan sekolah :
1.      Konsentrasi belajar menurun karena siswa hanya mementingkan handphone daripada belajar Terutama bagi mereka yang selalu bermain game, maka siswa hanya akan bermain game terus tanpa memperhatikan penjelasan guru terutama pada pelajaran yang kurang pengawasan dari guru yang sedang mengajar.
2.      Siswa disibukkan dengan mengangkat telpon, terutama jika ttelepon itu dari orang tua padahal sedang dalam proses belajar-mengajar, sehingga sering terjadi perdebatan guru dan siswa tentang hal tersebut.
3.      Sering terjadi penyalahgunaan hp terutama bagi mereka yang menggunakan hp sebagai media untuk melakukan kecurangan pada saat ujian.
4.      Penyalahgunaan hp yang lain adalah hp sering digunakan sebagai saran untuk mengirimkan gambar yang tidak senonoh atau tidak pantas untuk dilihat.
5.      Pengeluaran bertambah bahkan lebih boros, mengapa demikian karena siswa-siswi SMA Lokon jarang sekali terlihat menggunakan dengan hp dengan merek yang biasa-biasa saja, apalagi jika ada hp keluaran terbaru pasti mereka akan beradu cepat siapa yang akan memiliki hp tersebut lebih dahulu dan tidak menutup kemungkinan bahwa hp sebelumnya masihlah baru, dan itu membuktikkan bahwa penggunaan hp hanya untuk gengsi semata.
6.      Selain pengeluaran yang boros untuk membeli hp baru, pengeluaran boros yang lainnya adalah untuk membeli kuota internetan dan karena ketagihan sehingga internet belasan gigabyte dapat habis bahkan dalam waktu 1 minggu, sehingga uang hanya terpakai untuk membeli kuota bukannya buku pelajaran.
7.      Rawan terjadi tindak kejahatan karena hp sering digunakan sebagai media untuk meneror dan sebagainya.
Upaya yang dilakukan agar tidak salah dalam memanfaatkan hp :
1.      Pengawasan guru dalam belajar. Guru dapat mengijinkan siswa menggunakan hp untuk mencari informasi yang berhubungan dengan materi pembelajaran dan mengawasi siswa agar tidak menggunkan hpnya saat tidak diperlukan.
2.      Membuat kesepakatan bersama mengenai pelanggaran penggunaan hp saat tidak diperlukan.
3.      Peran serta orang tua, seperti mengingatkan siswa tentang dampak penyalahgunaan hp sehingga siswa akan lebih berhati-hati dalam penggunaan hp.
4.      Kesadaran dari diri sendiri. Sebagai siswa, harus juga ada kesadaran bahwa hp harus digunakan disaat yang tepat agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan.
5.      Pengetahuan pelajar tentang penggunaan hp yang berlebihan dapat mengurangi fungsi tubuh seperti penglihatan mata dan tubuh akan menjadi kelelahan jika terus menggunakan handphone.
Kesimpulan      
Handphone merupakan salah satu dari produk iptek yang canggi hal ini dikarenakan handphone mampu mengakses informasi yang ada di seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat dan hampir bersamaan serta biaya yang relatif murah. handphone dapat menimbulkan dampak positif dan negatif terhada prestasi belajar siswa. Upaya yang mungkin dapat diterapkan terhadap dampak negatif yang ditimbulkan handphone antara lain yaitu profesionalisme guru di dalam pembelajaran, adanya pelarangan penggunaan handphone ketika proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, peran serta orang tua dan masyarakat sangat membantu perkembangan prestasi belajar siswa. kesadaran dari setiap siswa mengenai manfaat penggunaan handphone dan  efek penggunaan handphone yang dapat menunjang prestasi belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar